SKRINING KESEHATAN DALAM PERSIAPAN VAKSINASI COVID-19 UNTUK LANSIA DESA PANGGISARI

Admin Desa Panggisari 08 Maret 2021 09:23:49 WIB

PANGGISARI-(8/03/2021) Dengan diaturnya regulasi baru yang memperbolehkan vaksinasi covid-19 untuk para lansia, ini membawa angin segar untuk para lansia di Indonesia. Seperti dikutip dari laman berita https://covid19.go.id/p/berita/begini-aturan-vaksinasi-covid-19-untuk-lansia , Juru bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid., menjelaskan ada sekitar 21 juta orang yang termasuk kategori lansia yang akan menjadi sasaran program vaksinasi tahap kedua ini. Dari sekitar 21 juta lansia tersebut adalah juga warga Desa Panggisari. Hari ini Tim Kesehatan Vaksinasi Covid-19 Puskesmas Mandiraja 2 melakukan skrining bertempat di Aula Balai Desa Panggisari. Sekitar 50 warga yang telah berusia lanjut diundang untuk melakukan skrining sebagai syarat untuk melanjutkan ke tahapan vaksinasi covid-19. Seperti kita ketahui ada beberapa persyaratan untuk lansia yang bisa mengikuti vaksinasai.

Selain soal interval penyuntikan, ada tahapan lain yang diberlakukan kepada lansia. “Untuk tekanan darah dan suhu, sama dengan kategori lain, yaitu suhunya mesti 37,5 derajat celcius ke bawah dan tekanan darahnya tidak boleh lebih dari 180/110 mmHg. Yang berbeda adalah yang berkaitan dengan kondisi fisik, ada tambahan pertanyaan pada tahapan wawancara terkait hal itu sebelum dilakukan penyuntikan kepada lansia. Ini wujud aspek kehati-hatian,” ujar dr. Nadia.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah:

  1. Apakah mengalami kesulitan untuk naik 10 anak tangga?

  2. Apakah sering merasa kelelahan?

  3. Apakah memiliki paling sedikit 5 dari 11 penyakit (Hipertensi, diabetes, kanker, penyakit paru kronis, serangan jantung, gagal jantung kongestif, nyeri dada, asma, nyeri sendi, stroke dan penyakit ginjal)?

  4. Apakah mengalami kesulitan berjalan kira-kira 100 -200 meter?

  5. Apakah mengalami penurunan berat badan yang bermakna dalam setahun terakhir?

“Jika ada tiga atau lebih yang dijawab ‘iya’ oleh calon penerima vaksin lansia, maka vaksin tidak dapat diberikan. Demi lancarnya proses ini, kepada calon penerima vaksinasi diharapkan memberikan keterangan sesuai dengan kondisi sebenarnya. Itu juga agar bisa memberikan efek vaksin yang maksimal dan memperkecil risiko terjadinya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi atau KIPI yang serius,” jelas dr. Nadia.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silahkan datang ke Kantor Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergitas Program

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Desa Panggisari